Jl. Pahlawan Revolusi, No.22B, Pondok Bambu, Jakarta Timur-13430 (021) 8613346 / 081310045708

Teknik Mesin UHO Hadirkan Wastafel Portable Pedal Kaki di Kota Kendari dalam Pengabdian Program Kemitraan

Faktual.Net, Kendari, Sultra. Program Studi Terknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Halu Oleo (UHO), kembali menunjukkan eksistensinya sebagai bentuk pengimplementasian Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat. Eksistensi tersebut diwujudkan dengan kembali menghadirkan Wastafel Portable Pedal Kaki di Kota Kendari dengan peruntukan warga Kota Kendari baik penggunaan pribadi maupun ruang-ruang publik.

Tim Pengabdian Program Kemitraan Masyarakat internal Universitas Halu Oleo

Bertempat di bengkel Las Mekar Surya dan Bengkel Las Fajar, Kelurahan Lepo – Lepo, Kecamatan Wua – Wua, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, Prodi Teknik Mesin UHO yang di Ketuai oleh Budiman Sudia, ST., MT melakukan program pendampingan kepada kedua bengkel las tersebut dalam rangka pembuatan Wastafel Portable Pedal Kaki Tapa Sentuh sebagai salah satu upaya memutus penyebaran Covid -19 di era New Normal saat ini.

Aminur saat memaparkan rencana kerja didepan tim

Kepada faktual.net, Budiman Sudia, ST,.MT mengatakan bahwa melalui pendampingan maka sangat diharapkan kepada mitra (baca : Bengkel Las Mekar Surya dan Bengkel Las Fajar) untuk turut mengkampanyekan kepada masyarakat bahwa ada sebuah desain sederhana yang dilahirkan dari Prodi Teknik Mesin Universitas Halu Oleo terkait Wastafel Portable yang efektif bisa membantu mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid – 19 di era New Normal.

“Kami berharap kepada bengkel las yang menjadi mitra kami, agar turut memberikan informasi kepada masyarakat terkait kehadiran desain sederhana tetapi sangat bermanfaat dari wastafel Portable yang merupakan hasil karya dari Prodi Teknik Mesin Universitas Halu Oleo” harap Budi sapaan akrab Budiman Sudia, ST.,MT kepada faktual.net pada Rabu, 17/11/2020.

Wastafel Portable dalam proses pengerjaan

Budi yang sehari- hari menjabat sebagai Ketua Prodi Teknik Mesin UHO menjelaskan lebih lanjut bahwa keberadaan Wastafel Portable sangat efektif guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid – 19 dikarenakan sistem kerjanya tidak bersentuhan dengan tangan tetapi menggunakan pedal kaki.

“Warga yang menggunakan Wastafel Portable ini tidak perlu susah-susah memutar kran air sebab air akan di peroleh dengan menginjak pedal sehingga penempatan di ruang-ruang publik sangat tepat dan aman”, ucap Budi yang merupakan Alumnus dari Universitas Hasanuddin.

Proses Uji Coba penggunaan Wastafel Portable

Ditempat yang sama, Aminur, ST,.M.Eng selaku juru bicara tim mengatakan kepada media bahwa kegiatan ini telah terlaksana sejak 25 September 2020 dan akan berakhir pada 25 November 2020 dengan pendanaan sepenuhnya dari DIPA Universitas Halu Oleo.Baca Juga :  Jelang Pilkada Serentak Polres Pekalongan Gelar Kegiatan Apel 3 Pilar

Aminur merinci, di bawah tanggung jawab Ketua Prodi Teknik Mesin UHO, tim yang tergabung dalam kegiatan ini berjumlah 6 orang yakni Budiman Sudia, ST.,MT sekalu penanggung jawab dengan beranggotakan Ir. Ridway Balaka, M,.Eng, Ir. Samhuddin, MT,.La Hasanuddin, S.ST,.MT,. Aminur, ST., M.Eng., Abdul Kadir, ST.,MT.

Menutup pembicaraan kepada media, Aminur menaruh harapan besar agar keberadaan Wastafel Portable dari Universitas yang menjadi almamaternya bisa bermanfaat maksimal bagi masyarakat Kota Kendari secara khusus, masyarakat Sultra secara umum dan masyarakat Indonesia yang lebih luas lagi.

Untuk menjadi informasi, Prototype dari Wastafel Portabel ini akan disimpan di Fakultas Teknik UHO guna bahan penelitian, pembelajaran bagi mahasiswa khususnya mahasiswa Teknik Mesin. Dengan harapan akan ada pengembangan dan ide – ide kreatif kedepan guna mahasiswa menghadirkan karya-karya inovatif yang efektif, sederhana tetapi bermanfaat banyak ditengah-tengah masyarakat.

SUMBER : Teknik Mesin UHO Hadirkan Wastafel Portable Pedal Kaki di Kota Kendari dalam Pengabdian Program Kemitraan | Faktual.Net


5 Comments
Show all Most Helpful Highest Rating Lowest Rating Add your review
  1. Wow, superb blog layout! How long have you been running a blog for?
    you make blogging look easy. The whole glance of your
    site is magnificent, as smartly as the content! You can see similar here ecommerce

  2. What’s up, this weekend is nice in favor of me, since this moment i am reading
    this impressive informative paragraph here at my home.
    I saw similar here: Dobry sklep

  3. Good post. I learn something totally new and challenging on blogs
    I stumbleupon every day. It’s always interesting to read content from other writers and use
    a little something from their sites. I saw similar
    here: Ecommerce

  4. Howdy! Do you know if they make any plugins to assist with Search Engine Optimization?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but
    I’m not seeing very good gains. If you know of any
    please share. Cheers! You can read similar article here:
    Dobry sklep

  5. It’s very interesting! If you need help, look here: ARA Agency

    Leave a reply

    JAYA STAINLESS
    Logo