Jl. Pahlawan Revolusi, No.22B, Pondok Bambu, Jakarta Timur-13430 (021) 8613346 / 081310045708

Pantau berat bobot ayam dan hindari penurunan BB akibat suhu kandang

Dizaman yang serba modern ini. Bahkan kandang ayam pun mengalami perubahan besar yang mana tampil dengan gaya modern dan kekinian.

Kenapa kandang ayam harus modern dan kekinian? Karena beternak ayam adalah bisnis yang selektif dan kompetitif…

Selain kandang ayam yang harus telihat modern dan kekinian, suhu pada kandang juga penting dan harus di pehatikan karena dapat mempengaruhi  pertumbuhan, berat badan, nafsu makan dan minum.

Inilah Contoh nyata yang di dapat dari hasil penelitian…

Ayam pedaging periode starter yang dipelihara pada suhu 28?C memiliki rataan konsumsi pakan, pertambahan bobot badan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ayam yang dipelihara pada suhu 32?C. Ayam yang dipelihara pada suhu 28ºC memiliki konsumsi pakan 1393,4 g, konsumsi air minum 3651,4ml, pertambahan bobot badan 166g, konversi pakan 1,6.

Ayam yang dipelihara pada suhu 32ºC memiliki konsumsi pakan 1119,5g, konsumsi air minum 4251,9ml, pertambahan bobot badan 148,1g dan konversi pakan 1,3. Ayam pedaging periode starter yang dipelihara pada suhu 32?C memiliki rataan konsumsi minum yang lebih tinggi dibanding dengan ayam yang dipelihara pada suhu 28?C.

Hasil analisis menunjukkan bahwa ayam pedaging yang dipelihara pada suhu 28ºC konsumsi pakannya lebih banyak dibandingkan dengan ayam pedaging yang dipelihara pada suhu 32ºC. Hal ini disebabkan karena ayam pada suhu 32ºC mendapat cekaman panas yang lebih tinggi dibandingkan dengan ayam pada perlakuan 28ºC, sehingga ayam pada suhu 32 ºC menurunkan konsumsi pakan.

Hal ini sesuai dengan pendapat Wahyu (1998) menyatakan bahwa konsumsi pakan yang dikonsumsi dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti bangsa ayam, tingkat produksi, temperatur lingkungan, sistem kandang, periode pertumbuhan dan adanya penyakit.

Kusnadi (2006) menyatakan bahwa tingginya suhu lingkungan di daerah tropis pada siang hari dapat mengakibatkan terjadinya penimbunan panas dalam tubuh, sehingga ternak mengalami cekaman panas. Ayam broiler termasuk hewan homeothermis, akan mempertahankan suhu tubuhnya dalam keadaan relatif konstan antara lain melalui peningkatan frekuensi pernafasan dan jumlah konsumsi air minum serta penurunan konsumsi ransum.

Berdasarkan penelitian diatas tentunya suhu sangat mempengaruhi kondisi ayam sehingga berpengaruh terhadap keuntungan penjualan

Mulailah dari memantau suhu kandang Ayam Anda sekarang juga!!

1 Comment
  1. Wow, superb weblog layout! How long have you been blogging for?

    you made running a blog glance easy. The entire glance
    of your website is magnificent, let alone the content
    material! You can see similar here ecommerce

    Leave a reply

    JAYA STAINLESS
    Logo