Jl. Pahlawan Revolusi, No.22B, Pondok Bambu, Jakarta Timur-13430 (021) 8613346 / 081310045708

Kursi Stainless, Desain Elegant & Tahan Lama

kursi stainless

Pengertian Kursi Stainless

Kursi stainless adalah kursi yang dibuat dari baja tahan karat, yang dikenal dengan ketahanannya terhadap korosi dan kemudahan dalam pembersihan. Baja tahan karat ini sering digunakan dalam pembuatan furnitur karena sifatnya yang kuat dan tampilan yang modern.

Kelebihan Dari Kursi Stainless

1. Tampilan Minimalis dan Modern

Kursi stainless bisa menciptakan kesan minimalis dan modern dalam desain interior karena memiliki garis-garis yang bersih dan sederhana. Warna-warna seperti silver atau hitam memberikan kesan yang bersih dan elegan. Namun, kesan minimalis tidak selalu berarti sederhana, karena ada berbagai jenis yang menawarkan estetika yang unik, misalnya yang dikombinasikan dengan rotan. Gabungan warna silver dan coklat tetap memberikan nuansa modern dan menarik. Meskipun begitu, kursi stainless juga dapat dikombinasikan dengan bahan lain untuk menciptakan kesan yang lebih unik. Kursi ini cocok digunakan baik untuk rumah, kantor, maupun fasilitas publik.

2. Bobot yang Cukup Ringan

Secara umum, jenis kursi ini memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan kursi dari kayu. Hal ini membuatnya mudah dipindahkan dari satu ruangan ke ruangan lainnya, serta saat Anda harus pindah tempat tinggal. Bobot ringan juga mempermudah proses pengiriman, sehingga biaya pengiriman dapat lebih terjangkau jika Anda membelinya secara online. Selain itu, juga cenderung lebih aman digunakan di sekitar anak-anak.

3. Tahan Karat dan Korosi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, stainless steel terdiri dari campuran bahan baja dan kromium. Campuran ini menghasilkan kursi yang tahan terhadap karat dan korosi akibat faktor eksternal. Berkat keunggulannya dalam tahan karat dan korosi, kursi stainless aman digunakan di luar ruangan. Meskipun demikian, membersihkannya secara rutin dan benar tetap diperlukan untuk menjaga kualitasnya. Penting untuk memilih kursi yang terbuat dari bahan stainless steel berkualitas tinggi, seperti jenis 304 atau 316, dan memiliki ketebalan yang memadai untuk mencegah korosi. Selain itu, pengrajin furniture seringkali melapisi kursi stainless dengan powder coating, suatu teknik yang dapat meningkatkan ketahanannya terhadap korosi dengan menerapkannya ke seluruh permukaan stainless.

4. Membutuhkan Perawatan yang Mudah

Perawatan rutin kursi stainless cukup mudah. Untuk membersihkan debu atau cairan yang menempel sehari-hari, Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan kain bersih. Untuk membersihkan bercak air atau cairan lainnya, tersedia cairan khusus yang banyak dijual di pasaran. Alternatifnya, Anda juga bisa menggunakan bahan alami seperti campuran cuka dan baking soda yang dicampur dengan sabun pencuci piring. Berikut adalah beberapa campuran alami yang dapat digunakan untuk membersihkan dan merawat kursi stainless:

  • Cuka dan air dengan perbandingan 1:1
  • Minyak zaitun dan cuka dengan perbandingan 2:1
  • Air dan baking soda
  • Lemon dan garam 
  • Essential oir dan air 

Gunakan kain lap yang lembut dan bersih agar tidak melukai permukaan stainless. Jika perlu lap kembali dengan lap kering untuk memastikan tidak ada residu cairan yang tertinggal.

5. Daya Tahan Lama

Dilihat dari segi ketahanannya, kursi stainless tidak mudah rusak atau patah. Penggunaan bahan stainless steel berkualitas tinggi membuat kursi ini tahan terhadap benturan meskipun terjatuh atau digunakan dalam jangka waktu yang lama. Anda dapat menjaga kursi stainless Anda selama puluhan tahun. Jika digunakan di lingkungan perkantoran, ini menjadi pembelian yang sangat bernilai dan dapat mengurangi biaya pemeliharaan dan perawatan. Keunggulan ini menjadikan kursi stainless sebagai investasi jangka panjang bagi pemiliknya. Selain itu, saat ini banyak tersedia jasa yang menawarkan perawatan dan perbaikan kursi stainless dengan harga yang kompetitif.

6. Ramah Lingkungan

Stainless steel adalah bahan yang lebih ramah lingkungan daripada plastik. Kursi stainless yang tidak terpakai dapat didaur ulang dan dijual kembali, membantu mengurangi kerugian lingkungan dan ekonomi. Pembelian kursi stainless juga merupakan langkah untuk mendukung desain berkelanjutan, dan inilah alasan mengapa banyak negara maju menggunakan kursi berbahan stainless steel untuk fasilitas publik.

7. Mudah Dikombinasikan dengan Material Lain

Biasanya, kursi stainless dipadukan dengan bahan tekstil, terutama yang sering ditemukan di kursi yang digunakan di gedung perkantoran. Namun, banyak pengrajin kreatif juga menggabungkan stainless steel dengan bahan lain seperti kayu, kaca, atau plastik. Kombinasi ini tidak hanya meningkatkan dimensi estetika, tetapi juga menciptakan nilai estetika yang unik. Selain itu, penggunaan kaca sering dipilih untuk memberikan tampilan yang bersih dan transparan.

Sumber :

  • https://ecatalog.sinarmasland.com/article/7-manfaat-kursi-stainless-dalam-desain-interior-modern

      JAYA STAINLESS
      Logo